PENGERTIAN VISI DAN MISI
Kita mungkin pernah membaca, mendengar ataupun membuat visi dan misi.
Tapi apakah kita tahu apa sebenarnya pengertian visi dan misi itu?? Bagi yang
sudah tahu tidak ada salahnya mereview lagi, siapa tahu sudah lupa…hehehe.
Mari kita mulai..
* Visi (Vision)
Menurut Wibisono (2006, p.
43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian
sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat
dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau
perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk
menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi
terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan
seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi
adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang
ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani,
nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.
Jadi dapat disimpulakan bahwa
visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang
ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka
panjang.
* Misi (Mission)
* Misi (Mission)
Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we
can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk
dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi
yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut.
Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh
perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan
bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.
Menurut Drucker (2000:87), Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar
eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat
unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi
perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu
menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan
harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8)
Menurut Wheelen sebagaimana
dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang
menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang
disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus
dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya
orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi
Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula
memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.
Beberapa contoh Visi dan Misi
Perusahaan
* BNI
Visi BNI Menjadi Bank
kebanggaan nasional yang Unggul, Terkemuka dan Terdepan dalam Layanan dan
Kinerja
Pernyataan Visi
Menjadi Bank kebanggaan nasional,
yang menawarkan layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada segmen pasar
korporasi, komersial dan konsumer
Misi BNI
- Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
- Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
- Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
- Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial.
- Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.
* RCTI
VISI
Media Utama
Hiburan dan Informasi
Perkataan
“utama” mengandung makna lebih dari yang “pertama” karena kata “pertama” hanya
mencerminkan hierarki pada dimensi tertentu. Sedangkan kata “utama” mengandung
unsur kemuliaan karena melibatkan aspek kualitas, integritas dan dedikasi.
Media utama hiburan dan informasi memiliki makna:
- RCTI unggul dalam hal kualitas materi dan penyajian program hiburan dan informasi.
- RCTI memperhatikan keseimbangan faktor bisnis dan tanggung jawab sosial atas sajian program-programnya.
- RCTI menjadi pilihan yang utama dari para “stakeholder” (karyawan, pemirsa, pengiklan, pemegang saham, pemasok, pesaing, perusahaan afiliasi, mitra strategis, masyarakat, dan penyelenggara Negara)
MISI
Bersama Menyediakan Layanan Prima
Interaksi kerja
di perusahaan lebih mengutamakan semangat kebersamaan sebagai sebuah tim kerja
yang kuat. Hal ini memungkinkan seluruh komponen perusahaan mulai dari level
teratas sampai dengan level terbawah mampu bersama-sama
terstimulasi,terkoordinasi
dan tersistemasi memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan terbaik
dan utama kepada “stakeholder
TIGA
PILAR UTAMA
- Keutamaan Dalam Kebersamaan
- Bersatu Padu
- Oke
Untuk mewujudkan
visi dan misi perusahaan, ada 3 (tiga) nilai sebagai pilar utama yang menjadi
motivasi,inspirasi dan semangat juang insan RCTI. Proses kerja dilakukan dengan
semangat kebersamaan untuk sampai pada hasil yang mendapat pengakuan dari para
“stake holder” atas kualitas integritas dan dedikasi yang ditampilkan.
* PT Telekomunikasi
Indonesia Tbk
Visi
To become a
leading InfoCom player in the region
Telkom berupaya
untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan
Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi
Telkom mempunyai
misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent
Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed
Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan
mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas,
dengan harga kompetitif.
Telkom akan
mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan
sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta
membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara
sinergis.
0 comments:
Posting Komentar
Silahkan Komentar dengan bahasa yang santun dan dapat dipertanggung jawabkan...Haturnuhun.
D.A.H.R