Rabu, 29 Agustus 2012

MENGENAL DETAK JANTUNG


Ada apa dengan detak jantung kita?
jantung
Bagan jantung
Jantung manusia adalah pusat dari sistem peredaran darah dan merupakan pekerja sangat keras. Sebuah jantung orang dewasa memungkinan berdetak lebih dari 100.000 kali sehari. Bahkan ketika Anda beristirahat, otot-otot jantung Anda bekerja keras-dua kali lebih keras, pada kenyataannya, otot kaki Anda lakukan ketika Anda berlari dan bila perlu, jantung dapat melipat gandakan kecepatan dalam waktu lima detik. Pada orang dewasa, cardiac menyalurkan darah bervariasi dari [10 gelas bir] 5 liter permenit jumlah darah dalam tubuh  kemudian menjadi bertambah sebanyak 20 liter permenit selama latihan. 
Detak jantung Anda dikendalikan oleh sistem yang disebut nervous system, Sistem ini memastikan bahwa jantung bagian atas ruang (atrium) kontraksi menyalurkan darah kedalam ruang yang lebih rendah (ventrikel) dengan menunda kontraksi sepersekian detik. Menariknya, suara detak jantung yang kita dengat melalui stetoskop itu berasal dari menutupnya katup jantung kita, jadi bukan dari otot jantung yang berdenyut. 
Sebagai aturan umum, denyut jantung hewan berbanding terbalik dengan ukuran tubuhnya-yaitu, semakin besar hewan, semakin lambat denyut jantungnya. Misalnya, denyut jantung gajah, rata-rata, 25 kali per menit, sedangkan burung kenari hampir sekitar 1.000 per menit! Pada manusia denyut jantung melambat dari sekitar 130 denyut per menit saat lahir sampai 70 atau lebih di masa dewasa. 
Kebanyakan mamalia tampaknya memiliki harapan hidup dengan detak jantung sekitar satu miliar. Oleh karena itu, tikus dengan detak jantung 550 per menit, mungkin memiliki harapan hidup sekitar 3 tahun, sedangkan ikan paus biru dengan detak jantung 20 denyut per menit, dapat hidup lebih dari 50 tahun. Manusia adalah pengecualian, berdasarkan detak jantung kita, masa hidup kita seharusnya sekitar 20 tahun. Sebuah hati manusia yang sehat, walaupun detak jantungnya mencapai tiga miliar kali atau lebih namun dapat hidup lebih dari 70 atau 80 tahun. 

 
Catatan: Angka-angka adalah perkiraan, jumlah detak jantung dan kesempatan hidup dari rata-rata makhluk maupun individu dapat bervariasi.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan bahasa yang santun dan dapat dipertanggung jawabkan...Haturnuhun.
D.A.H.R

Copyright © 2014 Berbagi Berarti Peduli