Senin, 27 Agustus 2012

MISTERI PIRAMIDA MERAH DASHUR


Piramida Merah di Dashur adalah piramid terbesar kedua di Mesir (hanya sedikit lebih kecil maka Piramida Agung Khufu di Giza), setiap sisi piramid panjangnya 220m (722 kaki).  Namun, sisi-sisi dari piramid itu miring 43 ° 22 ', secara substansial lebih pendek 104 meter (343 kaki). Walaupun demikian, pyramid merah ini merupakan piramida keempat tertinggi yang pernah dibangun di Mesir, dengan hampir 160 lapisan batu. Dengan lapisan luar dari bahan kapur, piramida ini menggunakan batu pasir kemerahan yang digunakan untuk membangun sebagian besar intinya. Ini menjelaskan mengapa disebut Piramida Merah. Nama Mesir Kuno nya adalah "The Shining One". Masalah struktural yang parah dihadapi ketika membangun Piramida Bent di bagian Selatan dari Dashur, dipimpin oleh Snofru (Sneferu) untuk membangun piramida, sedikit ke utara. Secara signifikan, Piramida Merah adalah piramid pertama yang sukses dibangun di Mesir, dan menjadi acuan dalam membangun piramida Giza.
RED PIRAMID
Gb. 1  piramid merah Snofru (Sneferu) dekat Dashur
Dibangun oleh ayah Khufu, Snefru, apa yang benar-benar membuat piramida ini sangat special adalah dibangun dengan sedikit pekerja.
pyramid dashur

Gb. 2 pyramid dashur
Batu kapur tura digunakan sebagai lapisan untuk menutupi bangunan piramida. Meskipun beberapa lapisan masih tetap ada, namun sebagian besar telah hilang karena kondisi alam. Di setiap lapisan batu kedua puluh memiliki prasasti di sisi belakangnya. Beberapa ditulis dengan cartouche/peluru dari Snefru sementara yang lain memiliki prasasti di tulis dengan cat merah yang memiliki penamaan hasil karya para pekerjanya, seperti "Gang Hijau" atau "Gang Barat". cartouche Snefru ini adalah penemuan penting, terutama karena tidak ada prasasti dalam piramida mengidentifikasi hal ini. Di sebelah Timur piramida terdapat kuil kamar mayat, dan ditemukannya capstone (Pyramidion) di sebuah Piramida Kerajaan Lama. Itu ditemukan di fragmen dan direkonstruksi. Candi mayat itu sendiri, meskipun tidak masih banyak, ini penting karena Snefru merupakan bangunan yang dibuat agar adanya keselarasan barat timur dari kuil-kuil Mesir untuk mencocokkan jalan matahari. 
Sejarah piramida merah 
 Prasasti yang ditemukan di belakang batu pelapis piramid memberi kami petunjuk berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun piramida ini dan juga mengungkapkan system kerja untuk membangunnya. Sebuah prasasti yang ditemukan di dasar piramida ini telah menunjukkan bahwa pekerjaan telah dimulai selama 15tahun ternak jumlah tahun ternak ini adalah sesuai perhitungan pemerintahan Snofru. Acuannya adalah satu tahun ternak sama dengan 15 sampai 30 tahun. Hal ini sangat mungkin bahwa pembangunan piramida dimulai pada saat masalah struktural yang dihadapi ketika membangun Piramida Bent dan memaksa proyek pembangun untuk sementara dihentikan. 
Menariknya, pada prasasti kedua ditemukan 30 batu yang lebih muda dalam peletakannya, sekitar 2 sampai 4 tahun dari batu yang ditempatkan di dasar. Ini memberikan gambaran tentang seberapa cepat bangsa Mesir dalam membangun sebuah monumen seperti piramida ini. Dalam waktu empat tahun, 30 persen dari piramida telah selesai, dan piramida seluruh selesai dalam waktu sekitar tujuh belas tahun.
Ada sedikit keraguan bahwa Snofru akhirnya dimakamkan di piramida ini, meskipun fragmen dari sisa-sisa manusia yang ditemukan di dalam ruang pemakaman adalah miliknya. Menariknya, selama pemerintahan Pepi I dari Dinasti ke-6, piramid ini bersama dengan pyramid tetangga yang ada disebelah selatan yaitu Piramida Bent, dianggap sebagai satu bangunan yang menyatu.

Perhitungan Geometri dari Piramida Merah
Piramida Merah dibangun dengan kemiringan hanya 43 ° 22 '. Panjang dasarnya adalah 220 meter, dimana dari 32 meter selebihnya adalah bangunan dari Piramida Bent. Tingginya sama sebagai Piramida Bent.
Bentuk dasar:
Panjang : 220 m
Kemiringan : 43o 22 '
Tinggi : 104 m
Luas ruang pemakaman : 4.18 x 8.55 m (tinggi: 14,67 m)

piramid merah dan struktur dalamnya
Gb. 3 piramid merah dan struktur dalamnya.

Dengan dasar yang lebih luas dan kemiringan yang lebih rendah dimaksudkan agar penyebaran massa piramid ini merata dan dengan demikian menghindari masalah structural, dan sementara dihentikan mereka bekerja membangun Piramida Bent.
Struktur internal dari piramida ini merupakan kelanjutan lebih lanjut dari piramida di Meidum dan Piramida Bent. Bertentangan dengan monumen terakhir, bagaimanapun, hanya ada satu struktur internal, sehingga banyak yang lebih sederhana.
Pintu masuk tingginya 28m dan terletak menghadap Utara piramida. Sebuah bagian turun (pada sudut 27 derajat) mengarah ke bawah 62,63m ke 7.4M koridor pendek horizontal panjang. Hal ini diikuti oleh dua antechambers hampir identik dengan atap corbelled. Kedua ukuran antechambers 3,65 oleh 8,36 m dan 12,31 m tinggi.
Ruang pemakaman hanya dapat dicapai melalui suatu bagian pendek yang membuka tinggi di dinding ruang depan kedua. Ruang pemakaman mengukur 4.18 oleh 8,55 m. Atap corbelled yang naik ke ketinggian 14,67 m. Hal ini terletak di atas permukaan tanah, dalam inti piramida.
Kapel dibangun terhadap wajah Timur piramida selesai buru-buru, mungkin setelah kematian Snofru. Hal ini agak lebih rumit daripada kapel timur Piramida Merah atau piramida di Meidum dalam hal itu memiliki sebuah ruang belakang, diapit oleh dua kapel kecil.
Tidak ada jejak jalan lintas menuju ke Temple Valley, yang sisa sedikit yang ditemukan pada akhir abad ke-19.
Bahkan, ketiga dari ruang dalam piramida ini telah corbelled langit-langit, dengan antara sebelas dan empat belas lapisan. Bahkan dengan sekitar dua juta ton batu di atas, ini desain langit-langit begitu kuat sehingga tidak ada retak atau masalah struktural bahkan sampai hari ini.
Piramid Merah, Corbelled Ceilin

Gb. 4 Piramid Merah, Corbelled Ceilin
Sebuah bagian singkat di sisi selatan dari ruang pertama mengarah ke ruang kedua. Kedua pertama kamar berada di permukaan tanah, sementara ruang ketiga lebih tinggi, dibangun dalam batu dari piramida itu sendiri.
Ruang kedua adalah tidak biasa dalam hal itu terletak langsung di bawah puncak piramida, atau titik pusat piramida. Ini adalah salah satu dari piramida di Mesir hanya untuk memiliki tata letak desain. Ruang akhir, dengan lorong pintu masuk sekitar 25 meter di atas lantai kamar kedua, dapat diakses oleh tangga (konstruksi modern).
Mesir Kuno percaya bahwa ruang akhir ini dimaksudkan untuk menjadi ruang pemakaman yang sebenarnya. Lantai telah digali dalam upaya gagal untuk menemukan lorong-lorong lainnya.
Desain dari Piramida Merah
Tampaknya bahwa desain Piramida Merah didasarkan pada pentagon.

Setiap segmen segitiga dari pentagon memiliki 72 ° pada titik pusat (360 ° / 5 = 72 °).
Menggunakan 4 dari 5 segitiga dari pentagon piramida dapat dibuat (dengan dasar yang sama dengan dasar sisi pentagon itu) yang akan memiliki proporsi yang sama sebagai Piramida Merah

Gb. 5
bentuk pentagon dari piramida merah - pandangan perspektif.

Gb. 6
bentuk pentagon dari piramida merah - dilihat dari atas
Menggunakan penalaran sangat dasar kita dapat melihat bahwa sudut kemiringan piramida
(α) dapat ditemukan dari persamaan cos α = tan 36 °, yang memberikan α = 43 ° 24 '
Ini sudut kemiringan teoritis 43 ° 24 '(43,402680 °) secara praktis identik dengan sudut kemiringan diukur dari Piramida Merah: 43 ° 22 '

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan bahasa yang santun dan dapat dipertanggung jawabkan...Haturnuhun.
D.A.H.R

Copyright © 2014 Berbagi Berarti Peduli