Kamis, 30 Agustus 2012

MISTERI PILAR BESI DELHI TERUNGKAP


Berdiri di tengah Masjid Ul Quwwat Pilar Besi merupakan salah satu bangunan Delhi yang paling aneh. Berdiri sejak abad ke-4, pilar ini adalah sebuah prasasti yang menegaskan bahwa ia didirikan sebagai tiang bendera untuk menghormati dewa Hindu, Wisnu, dan warisan dari Raja Gupta ChandraguptaII (375-413). Bagaimana pilar tersbut dipindahkan ke lokasinya yang sekarang masih menjadi misteri. Pilar ini juga menjadi prestasi bangsa India kuno dalam bidang metalurgi. Pilar ini terbuat dari 98 persen besi tempa dan telah berdiri 1.600 tahun tanpa berkarat atau membusuk.
pilar besi

Gb. 1Pilar Besi dari Delhi
tinggi 7,3 m, dengan satu meter di bawah tanah, diameter adalah 48 cm dari kaki-kakinya, meruncing ke atas 29 cm, dibuat tepat dibawah basis ibukota, beratnya sekitar 6,5 ton, dan dibuat dengan las tempa

New Delhi, 18 Juli: Para ahli di Institut Teknologi India telah memutuskan misteri di balik pilar besi 1.600 tahun di Delhi, yang tidak pernah berkarat meskipun cuaca yang keras ibukota
Metallurgists di Kanpur IIT telah menemukan bahwa lapisan tipis "misawite", suatu senyawa besi, oksigen dan hidrogen, telah melindungi pilar besi dari karat. 
india phillar

india_pillar

Gb. 2 dan 3 Pilar besi di delhi terlihat seperti busur panah
Lapisan pelindung diambil dari dalam waktu tiga tahun setelah pendirian pilar dan telah berkembang dengan sangat lambat sejak saat itu. Setelah 1.600 tahun, lapisan ini telah berkembang hanya satu-dua puluh milimeter tebal, menurut R. Balasubramaniam dari IIT.
Dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Science Saat Balasubramanian mengatakan, lapisan pelindung dibentuk oleh katalis yang jumlah fosfor dalam besinya lebih tinggi -sebanyak satu persen, kurang dari 0,05 persen dari jumlah kandungan besi pada saat ini.
Kandungan fosfor yang tinggi merupakan hasil dari proses pembuatan besi yang unik yang dilakukan oleh orang India uno, mereka mereduksi bijih besi menjadi baja dalam satu langkah dengan mencampurnya dengan arang. 
Ledakan tungku modern, di sisi lain, menggunakan kapur di tempat arang menghasilkan terak logam cair dan besi yang kemudian diubah menjadi baja. Dalam proses modern fosfor sebagian besar terbawa oleh terak. Pilar tinggi tujuh meter dan berat lebih dari enam ton ini didirikan oleh dinasti Kumar Gupta yang memerintah India utara pada tahun 320-540.
indi_phillar

Gb. 4 Pilar Besi yang berasal dari Raja Gupta, yang memerintah 375-413 SM
Para ahli menyatakan bahwa "ini merupakan bukti hidup dengan keterampilan metallurgists di India kuno", Balasubramaniam mengatakan "skema kinetik" bahwa kelompoknya dikembangkan untuk memprediksi pertumbuhan lapisan pelindung mungkin berguna untuk model jangka panjang tingkah laku korosi untuk diterapkan pada kemasan penyimpanan nuklir.
prasasti pilar besi

Gb. 5 Prasasti pada Pilar Besi tahan berkarat

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan bahasa yang santun dan dapat dipertanggung jawabkan...Haturnuhun.
D.A.H.R

Copyright © 2014 Berbagi Berarti Peduli