Kamis, 19 Juli 2012

TIPS SEARCHING DI SEARCH ENGINE (MESIN PENCARI)


search engine
 Internet adalah sumber informasi yang sangat besar, melimpah, up to date, dan beragam. Termasuk di dalamnya informasi tentang dunia kehutanan.
Salah satu cara termudah mencari informasi tersebut adalah melalui mesin pencari seperti google.com.
Tetapi, karena terlalu banyaknya informasi tersebut, bisa jadi informasi yang kita cari melebar kemana-mana dan kita pun kehabisan waktu sedangkan informasi yang diinginkan tidak ditemukan.
Untuk itu, kita perlu tahu beberapa trik untuk mengefektifkan pencarian kita. 
1.      Untuk mencari organisasi yang berhubungan dengan kehutanan, masukan kata kunci misalnya kehutanan site:org.
2.      Dengan menggunakan bantuan site: hasilnya adalah akan ditampilkan situs-situs yang berdomain .org dan mengandung kata kehutanan.
3.   Kita bisa mengganti .org dengan .ac.id jika ingin mencari situs-situs akademik yang ada hubungannya dengan kehutanan.
4.      Masukan kata kunci misalnya inurl:hutan.
5.      Dengan bantuan inurl: kita akan menemukan link-link yang mengandung kata hutan.
6.      Untuk mencari situs yang title-nya mengandung kata kehutanan, masukan kata kunci intitle:kehutanan.
7.      Untuk mencari file seperti .pdf, word atau powerpoint sebagai bahan belajar kita bisa menggunakan kata kunci kehutanan filetype:pdf atau doc atau ppt.
8.  Untuk mencari milis yang berhubungan dengan kehutanan kita bisa gunakan kata kunci kehutanan site:groups. yahoo.com.
9.      Untuk mencari definisi dari istilah kehutanan kita bisa menggunakan kata kunci define:forest.
10.  Jika kita mencari dengan kata kunci define:hutan untuk menemukan definisi hutan, hasil pencariannya tidak akan ada untuk itu disarankan menggunakan kata kunci berbahasa inggris.

Selain diatas, kita juga bisa mempermudah dan memfokuskan hasil pencarian kita dengan bantuan simbol matematika seperti tanda (+), tanda (”…”).
Tanda (+) digunakan jika kita ingin mencari halaman situs yang mengandung lebih dari satu kata dan kesemua kata yang dicari ada.
Tanda (”…”) digunakan untuk mencari dua kata atau lebih yang kata-kata tersebut menyatu. Misalnya kita ingin mencari bahan tentang pengelolaan hutan oleh masyarakat adat.
Kita bisa memasukan kata kunci seperti +pengelolaan +hutan +”masyarakat adat”. Penggunaan simbol ini juga bisa digabungkan dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. isalnya +pengelolaan +hutan +”masyarakat adat” filetype:pdf untuk mencari artikel berformat .pdf tentang pengelolaan hutan oleh masyarakat adat.
Dan terakhir, kata kunci seperti hutan atau kehutanan bisa kita ganti dengan kata-kata lain yang sesuai dengan informasi yang ingin kita cari.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan bahasa yang santun dan dapat dipertanggung jawabkan...Haturnuhun.
D.A.H.R

Copyright © 2014 Berbagi Berarti Peduli