Sabtu, 21 Juli 2012

MENYEMBUNYIKAN FOLDER PADA WINDOWS

hidden folder
Enkripsi suatu folder ibaratnya dua mata pisau yang berbeda, yang dapat memiliki efek sebaliknya. Ketika kamu melihat sebuah Folder dikomputer seseorang dan ketika akan di akses, ternyata ada notifikasi harus memasukkan password itu berarti yang empunya folder sedang menyembunyikan sesuatu. 
Saya sengaja menggunakan kata "klaim". Karena sebenarnya cukup sulit untuk menyembunyikan suatu folder di Windows tanpa adanya risiko dan akan menciptakan masalah dalam sistem operasi itu sendiri. 
Alih-alih menggunakan utilitas keamanan yang rumit dan mahal, saya sarankan kamu menyembunyikan folder dengan menggunakan metode yang jauh lebih sederhana yaitu menggunakan atribut Windows "hidden". 
Dan setelah kamu berhasil menyembunyikan folder, kemudian kamu bisa melindungi hidden folder itu dengan menggunakan program enkripsi open source gratis. 
Mari kita coba... 
Untuk mengaktifkan atribut tersembunyi klik kanan pada icon folder, pilih Properties, lalu General tab dan centang kotak Tersembunyi. Folder harusnya hilang dari My Documents. Jika ternyata tidak itu berarti kamu harus konfigurasi Windows Explorer kamu untuk dapat menampilkan file yang tersembunyi. 
Jadi sekarang kamu sudah memiliki sebuah cara untuk menyembunyikan folder dan menampilkannya lagi menggunakan pengaturan folder kamu. Dan Sekarang saya akan menunjukkan trik sederhana yang memungkinkan kamu mengakses folder yang tersembunyi Anda tanpa harus terus-menerus mengubah pengaturan folder. Namun, sebelum saya bisa menunjukkan hal ini kita harus membuat folder tersembunyi tetapi file di dalamnya tidak-tersembunyi.
Kembali ke My Documents dan sembunyikan folder tersebut dengan mengubah pengaturan folder. Folder tes kamu harus menghilang dari My Documents. 
Holla!!!, kamu sekarang di folder rahasia kamu "test" dan semua dokumen kamu terlihat! 
Tentu saja lokasi untuk menyimpan folder pribadi kamu di My Documents adalah bukan ide yang bagus karena akan segera terungkap pengguna lain tanpa harus mengaktifkan tampilan file tersembunyi. Lebih baik untuk menyimpan folder kamu di beberapa lokasi drive yang jelas jauh dari mata para pengguna computer lain, tapi memudahkan kamu dalam mencarinya. Selain itu, nama folder buat tidak semenarik mungkin. Karena biasanya folder yang dinamai menarik, akan menarik orang lain juga untuk melihatnya. Menyembunyikan folder seperti ini bagus jika Anda hanya ingin menyimpannya sebagai informasi akan tetapi jika kamu benar-benar ingin benar melindungi folder tersembunyi kamu, yang kamu harus lakukan adalah mengenkripsi folder tersebut.

NB:
1. Download program zip.
2. Zip semua file dan rubah extensinya menjadi. yaitu: test.zip atau text.zipx (jika Anda memiliki winzip terbaru)
4. Menavigasi dengan windows explorer kembali ke file yang sudah kamu zip dan ubah nama ekstensinya dengan kombinasi 3 huruf-agar membuatnya sedikit agak aneh atau jika kamu sedikit licik ubah nama file nya ke bentuk .sys .Dll atau .exe atau jika mau samarkan file tersebut menyerupai file windows.
5. Allow the file extension change dan turn off extensions from being shown. (lihat langkah 3)
Itulah seputar tips untuk menyembunyikan folder (hidden folder), mudah-mudahan bermanfaat, haturnuhun..

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Komentar dengan bahasa yang santun dan dapat dipertanggung jawabkan...Haturnuhun.
D.A.H.R

Copyright © 2014 Berbagi Berarti Peduli